" KALIGONO GUMREGUT " Guyub Unggul Makmur Rejo Edi Guno Ulet Taqwa " PATUHI 5 M ( Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi ) AYO LAWAN COVID - 19 DENGAN SELALU MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN JAM PELAYANAN DESA MULAI PUKUL 08.00 SAMPAI DENGAN PUKUL 13.00

Artikel

Sediakan Kuliner Buka Puasa Remaja Kaligono Gelar Pasar Ramadhan di Atas Jembatan Palpitu

04 April 2022 23:10:58  Administrator  43 Kali Dibaca  Berita Lokal

KALIGESING, purworejo24.com – Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Rajak Al-Iman Palpitu, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Pasar Ramadhan Palpitu.

Dinamakan Palpitu karena kegiatan pasar di gelar di tepi jembatan Palpitu yang menjadi penghubung Desa Kaligono dan Jeketro-Kaligono. Terdapat 13 stand atau lapak kuliner yang didirikan, dengan menyediakan aneka jenis makanan atau kuliner khas untuk berbuka puasa.

Berkesempatan membuka pasar Ramadhan itu, Kepala Desa Kaligono, Suroto, dengan ditandai pengguntingan pita di lokasi pasar, pada Minggu tanggal 3 April 2022.

 

“Sudah genap dua tahun remaja masjid tidak bisa melakukan kegiatan akibat pandemi Covid-19. Pasar Ramadan Palpitu juga baru kali pertama ini kami menyelenggarakan. Kebetulan lokasinya juga sangat mendukung di jembatan Palpitu yang juga masih baru,” kata Ketua Panitia Kegiatan, Abdul Wahab, saat ditemui di sela kegiatan.

Dikatakan, Pasar Ramadhan dilaksanakan juga sebagai bentuk eksistensi remaja padukuhan setempat yang juga belum lama memiliki masjid.

“Sebelumnya hanya musala, sekarang menjadi masjid. Jadi kami ingin memulainya sekarang, dari masjid yang baru, para remaja masjid Al Iman Palpitu ingin menyampaikan syiar Islam atau semarak ramadan dengan salah satunya melalui kegiatan ini,” ungkapnya.

 

Disampaikan, Pasar Ramadan rencananya akan dibuka selama bulan puasa dengan mengambil waktu pada sore hari.

“Kebetulan jembatan ini juga baru. Alhamdulillah membawa berkah. Tempatnya juga asyik, luas. Tidak hanya di bulan puasa, setiap hari banyak yang transit mereka yang melakukan perjalanan dari Purworejo-Jogja atau sebaliknya,” jelasnya.

Menurutnya, selain berburu makanan buka puasa dan takjil, pembeli atau pengunjung bisa menikmati pemandangan alam, dan nuansa aliran sungai yang ada di bawah jembatan. Meskipun ada di tepi jembatan, namun semua dipastikan aman, dan kegiatan juga sudah melalui izin pihak terkait.

“Pasar ini bisa mengobati rasa jenuh mereka selama dua tahun terakhir. Sejak awal diwacanakan, masyarakat sudah heboh, antusias mereka mendukung penuh acara ini, bahkan ada yang berdonasi,” ujarnya.

 

Tak hanya menggelar Pasar Ramadhan, Irmas Rajak Al- Iman Palpitu juga menggelar berbagai lomba keagamaan bagi anak- anak dan remaja di sekitar Masjid Al- iman.

Sementara itu, Kepala Desa Kaligono, Suroto, usai membuka pasar Palpitu itu mengungkapkan, bahwa Pasar Ramadan kali ini murni diinisiasi oleh para tokoh pemuda desa, khususnya di Padukuhan Palpitu. Mereka melihat potensi dan mencoba mengambil momen ramadan ini untuk kegiatan yang positif.

“Kami selaku pemerintahan desa tentunya mendukung penuh, kreativitas anak-anak, harapan ke depan bisa rutin digelar, maju seperti desa-desa lainnya,” tuturnya.

Suroto berharap ramaja masjid Palpitu untuk terus bisa melakukan kegiatan positif serupa. Selama dua tahun pandemi tidak bisa berkegiatan dan membuat suasana menjadi sepi, semarak Ramadan memang baru terlihat kali ini, dan berharap terus membaik dan kembali normal.

“Saya berharap kegiatan ini bisa berlanjut bukan hanya di bulan Ramadhan tapi juga pada even- even tertentu. Ini jembatan baru selesai dibangun tahun ini, jembatan milik pemerintah kabupaten, di sini pemandangannya memang bagus dengan menyuguhkan panorama alam yang cukup indah dan menawan serta bisa melihat keindahan puncak Gunung Condong,” ujarnya.(P24/Wid)

 

DISALIN DARI : https://www.purworejo24.com/2022/04/sediakan-kuliner-buka-puasa-dan-takjil-remaja-kaligono-gelar-pasar-ramadhan-di-atas-jembatan-palpitu

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Desa

Aparatur Desa

Intansi Terkait

        

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. H. Soephanto, No. 05, Kaligesing, Purworejo
Desa : Kaligono
Kecamatan : Kaligesing
Kabupaten : Purworejo
Kodepos : 54175
Telepon :
Email : kaligono.kaligesing@purworejokab.go.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:29
    Kemarin:38
    Total Pengunjung:30.399
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.252.196
    Browser:Tidak ditemukan